Rabu, 22 Maret 2017

Klasifikasi Hadits Ahad


Hadits Ahad Terbagi Menjadi 3 bagian, yaitu :
1.  Masyhur
2. ‘Azis
3. Ghorib
Apa itu Hadits Masyhur?
Secara bahasa, masyhur berasal dari kata syahara, kata syahartu al amra berarti aku telah mengumumkan sesuatu atau menampakkannya.
Secara istilah hadits masyhur, yaitu hadits yang diriwayatkan oleh 3 orang rowi atau lebih di setiap tingkatannya selama tidak mencapai derajat mutawatir.  Di dalam hadits masyhur terdapat istilah Al Mustafidh.
Secara istilah, para Ulama terbagi menjadi 3 dalam memberikan definisi atau pengertian Al Mustafidh ini :
a.  Al Mustafidh nama lain dari hadits masyhur.
b.  Al Mustafidh lebih khusus dari masyhur, karena disyaratkan di dalam Al Mustafidh memiliki jumlah yang sama dalam kedua isnadnya.  Hal ini tidak disyaratkan dalam hadits masyhur.
c.  Al Mustafidh adalah lebih umum dari hadits masyhur, yaitu kebalikan dari pengertian nomor dua.
Ada lagi istilah masyhur ghoru istilahiy, yaitu masyhur yang dipahami selain dari pengertian secara istilah.  Yakni terkenal di kalangan manusia dan tersebar melalui lisan-lisan mereka, yang tidak terikat dengan syarat-syarat hadits masyhur secara istilah.
Apa itu Hadits ‘Azis?
Yaitu hadits yang diriwayatkan tidak kurang dari dua orang perowi di setiap tingkatan.
Apa itu Hadits Ghorib?
Secara bahasa ghorib artinya asing/menyendiri dari yang lainnya.  Sedangkan secara istilah hadits gorib yaitu hadits yang diriwayatkan oleh seorang perowi di setiap tingkatannya.

Wallahu ‘alam bis showab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERESTART ULANG KEHIDUPAN

* Oleh  : Abu Afra t.me/AbuAfraOfficial Terkadang ada orang yang ketika awal hijrahnya begitu bersemangat.  Dimana-mana selalu ngomong...