Jumat, 03 Maret 2017

Tips Mudah Membuat Novel Yang Bagus

Setiap anda yang senang membaca pastilah punya keinginan menjadi penulis.  Jika anda seneng membaca buku-buku fiksi semacam novel, cerpen dan yang sejenisnya maka tentu keinginan menjadi seorang Penulis atau lebih tepatnya Novelis ada dalam diri anda.  Atau mungkin anda sudah sering mencoba membuat sebuah novel lalu bingung dalam menyelesaikannya.
Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa anda jadikan pedoman dalam membuat sebuah novel yang bagus dan menarik pembacanya.
1.  Tentukan Karakter Tokoh Utama
Anda perlu menentukan lebih awal siapa dan bagaimana tokoh yang ingin anda angkat dalam novel anda.  Apakah dia seorang pelajar, karyawan, tokoh agama, atau karakter apapun yang anda inginkan.  Disini diperlukan pemahaman yang kuat pada karakter tokoh tersebut.  Saran saya buatlah karater tokoh yang sangat anda kenal.  Atau mungkin karakter itu adalah anda sendiri mungkin.  Kenapa tidak? Kita tentu sangat menegenal karater diri kita sendiri bukan? Selanjutnya anda boleh menggunakan nama anda sendiri atau nama yang lain.
2.  Tentukan Tujuan
Setelah anda menentukan karakter tokoh, maka anda harus menentukan tujuan yang ingin diraih karakter tersebut.  Semakin detil dan real tujuan tersebut akan semakin baik.  Ada cita-cita besar yang akan menjadi goals dari karakter yang ingin anda angkat dalam novel anda.  Pastikan ini sebagai ending dari perjuangan karakter tokoh yang anda angkat dalam novel.
3.  Rintangan
Jika anda telah berhasil menentukan tujuan terbesar dari tokoh novel anda, selanjutnya tugas anda adalah membuat rintangan-rintangan agar tujuan tersebut tidak bisa terwujud.  Jadi ini harus anda pahami kaidahnya, Tokoh novel berjuang bagaimana agar ia mencapai tujuannya, sementara anda sebagai novelis bertugas menghalanginya.
Semakin banyak rintangannya semakin menarik cerita itu.  Dan anda akan sangat disukai pembaca novel anda ketika anda mampu menyajikan rintangan yang seru bagi tokoh novel anda.
4.  Resolusi
Kalau sebelumnya anda telah berhasil membuat rintangan demi rintangan bagi karakter novel anda.  Kini saatnya anda memunculkan resolusi terkahir dari novel anda.  Ending dari kisah yang anda buat.  Apakah tokoh yang anda buat berhasil meraih tujuannya atau gagal
Dalam resolusi ini hanya ada dua jenis, yaitu Happy ending dan Sad ending.  Happy ending adalah jika tokoh novel berhasil meraih tujuan dengan sempurna setelah melalui perjuangan yang berliku-liku.  Sementara sad ending adalah ketika tokoh novel anda gagal meraih tujuannya.
Ok, demikian tips singkat dari saya untuk anda yang berminat jadi novelis.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERESTART ULANG KEHIDUPAN

* Oleh  : Abu Afra t.me/AbuAfraOfficial Terkadang ada orang yang ketika awal hijrahnya begitu bersemangat.  Dimana-mana selalu ngomong...