Rabu, 22 Februari 2017

ILMU YANG BERMANFAAT


Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang mampu mendekatkan pemiliknya kepada Allah SWT.  Sebuah pengetahuan yang menjadikan semakin takut dan tunduk kepada Rab-nya.  Bukanlah ilmu yang bermanfaat jika hanya menghasilkan pengetahuan semata.  Atau mungkin menjadikan manusia semakin banyak tahu dan paham akan sesuatu.  Ilmu harus mampu mendatangkan keyakinan dan ketaatan.

Tidak dikatakan bermanfaat suatu ilmu jika setelah mempelajarinya justru membuat pemiliknya semakin durhaka pada Tuhannya.  Menjadikan lalai dan penuh dengan kealfaan.  Maka carilah ilmu yang membuatmu semakin taat bukan sebaliknya.

Kewajiban bagi kita untuk menemukan ilmu yang menjadi jalan bagi datangnya kebaikan demi kebaikan.  Dan sangat penting bagi kita untuk mengupayakannya agar ilmu seperti itu benar-benar kita miliki.  Karena barang siapa menempuh jalan menuju ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan baginya menuju surga.

Kita semua pasti mencari surga bukan?  Surga dalam arti sebenarnya atau dalam makna kebahagiaan.  Siapa sih manusia yang tidak ingin hidupnya bahagia? Semuanya pasti menuju titik ini.  Hanya kadang masing-masing melangkah berdasarkan pilihannya sendiri-sendiri.  Dan tidak setiap orang yang ingin bahagia benar-benar bisa bahagia.

Kunci kebahagiaan adalah saat kita mampu menjalani kehidupan ini dengan sepenuh ketaatan kepada Sang Pencipta.  Banyak orang mancari bahagia dengan jalan kedurhakaan pada Tuhannya, namun yang didapatkannya hanyalah bahagia yang semu belaka.  Lebih tepatnya bukan kebahagiaan melainkan kesenangan sesaat yang tidak mampu memuaskan mereka.  Semakin mereka kejar semakin sengsara jiwa mereka.

Inilah gambaran kebanyakan manusia yang mencari jalan surga dengan cara menempuh jalur neraka.  Untuk bisa mengetahui jalan yang kita tempuh, apakah sudah sesuai dengan tujuan atau sebaliknya maka tentu saja ilmu yang bermanfaat adalah kompasnya.

Nah, disinilah sekali lagi pentingnya kita memiliki ilmu ini.  Bukan sembarang ilmu tapi ilmu yang mendekatkan diri kita pada tujuan penciptaan kita.  Ilmu yang mampu membawa kita ke jalan pulang.  Karena kita adalah pengembara yang harus pulang kembali  menuju kampung halaman.  Kampung halaman yang abadi tempat kita berasal sebelum lahir ke dunia yang fana ini.

Tempat dimana dulu kita pernah tinggal dan berbahagia disana.  Itulah surga yang dicari oleh jiwa-jiwa yang haus akan cinta.  Jiwa-jiwa yang terjajah oleh hawa nafsu dan dunia.  Inilah tempat asal kita.  Maka upayakanlah semampu yang kalian bisa agar kita kembali kesana dan berbahagia selamanya.

Allahumma inni a’udzubika min ‘ilmin la yanfa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERESTART ULANG KEHIDUPAN

* Oleh  : Abu Afra t.me/AbuAfraOfficial Terkadang ada orang yang ketika awal hijrahnya begitu bersemangat.  Dimana-mana selalu ngomong...