Rabu, 01 Maret 2017

Ulama Dinista, Ini Ancamannya

Di dalam Kitab Nasha’ihul Ibad yang ditulis oleh seorang Ulama Besar Nusantara Syaikh Nawawi Al Bantani disebutkan sebuah riwayat yang berbunyi :
Rasulullah SAW bersabda  :
Suatu masa akan terjadi pada umatku, semua melarikan diri dari ahli fiqih.  Kemudian Allah SWT akan menimpakan tiga bencana pada mereka :
1.  Hilangnya keberkahan hasil usaha mereka
2.  Dikuasai oleh penguasa yang zhalim
3.  Keluar dari alam dunia (meninggal) tanpa disertai iman.
Dalam riwayat ini kita seolah diwanti-wanti oleh Rasulullah SAW agar senantiasa dekat dengan para ulama.  Karena dahsyatnya akibat buruk yang ditimbulkan dari jaunya kita dari mereka.  Keadaan yang diancamkan dalam riwayat ini sepertinya sudah menimpa kita saat ini.
Kalau kita rasakan bagaimana sikap sebagaian kita pada para ulama, maka wajarlah jika kondisi yang kita rasakan hari ini seolah membuktikan kebenaran berita dari Rasulullah SAW tersebut.  Kita bisa melihat bagaimana pada zaman ini ulama dikriminalisasi, para pengemban dakwah dimusuhi, ahli-ahli agama dinistakan.
Semua itu jelas perbuatan-perbuatan yang menjelaskan tentang larinya kita dari ahli fiqih.  Menjauhnya kita dari para ulama.  Sehingga wajarlah kemudian perkara yang diancamkan oleh Rasulullah SAW itu menimpa kita.
Apa yang tidak terjadi dari 3 hal itu pada diri kita saat ini? Mungkin yang belum hanya 1 yaitu kematian dalam kekafiran.  Dan Semoga Allah menjauhkan kita dari nasib buruk yang seperti itu.  Semoga Allah masih membukakan pintu hidayah kepada kita semua. Amiin.

Wallahu ‘alam bis showab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERESTART ULANG KEHIDUPAN

* Oleh  : Abu Afra t.me/AbuAfraOfficial Terkadang ada orang yang ketika awal hijrahnya begitu bersemangat.  Dimana-mana selalu ngomong...