Sabtu, 18 Maret 2017

Ibnu Jarir Ath Thabari

Al Qadhi (Hakim) Abu Bakar Ahmad bin Kamil Asy Syajari murid Ibnu Jarir Ath Thabari sekaligus sahabatnya berkata, “ Apabila telah selesai makan pagi Ibnu Jarir Ath Thabari tidur sebentar dengan pakaian berlengan pendek.  Setelah bangun beliau mengerjakan shalat zhuhur.  Lalu menulis artikel hingga waktu ashar tiba.  Kemudian keluar untuk shalat ashar.  Selanjutnya beliau duduk di majelis bersama orang-orang untuk mengajar sampai datang waktu maghrib.  Setelah itu mengajar fiqih serta pelajaran-pelajaran lain sampai masuk waktu isya’, baru beliau pulang ke rumah.  Beliau pandai membagi waktu siang dan malamnya untuk kemaslahatan diri, agama dan sesama sebagaimana yang dikehendaki Allah Ta’ala”.

Menurut Al Khatib Al Baghdadi,
“Aku mendengar Samsami menuturkan bahwa Ibnu Jarir selama empat puluh tahun mampu menulis dalam setiap harinya sebanyak empat puluh halaman”.
Sementara itu menurut muridnya yang lain yakni Al Farghani menceritakan di dalam kitabnya yang terkenal dengan nama Ash Shilah, sebuah kitab pengantar mengenai sejarah Ibnu Jarir.
Bahwa terdapat sekelompok murid Ibnu Jarir yang berusaha menghitung seberapa banyak karya yang dihasilkan beliau setiap hari.  Sepanjang hidupnya beliau sibuk dengan tulis menulis dimulai sejak baligh sampai wafat yakni di usia 86 tahun.

Kemudian mereka menghitung jumlah lembaran-lembaran yang ditulis Ibnu Jarir.  Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa pada setiap harinya beliau menulis kurang lebih 14 lembar.  Jelas ini merupakan sebuah prestasi yang tidak mungkin diraih seorang manusia pun pada waktu itu kecuali berkat Inayah Allah semata.

Jika kita kalikan jumlah dari hari beliau menulis selama 72 tahun dan dengan setiap hari beliau menulis 14 lembar, maka jumlah karya Ibnu Jarir adalah 300.058 lembar.
Subhanallah! (Qimatul Zaman ‘Indal ‘Ulama, Hal. 43-44)

Inilah contoh keberhasilan seorang Ulama sebagai buah dari kedisiplinan beliau.  Semoga kita semua bisa meneladaninya. Amin Allahumma Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERESTART ULANG KEHIDUPAN

* Oleh  : Abu Afra t.me/AbuAfraOfficial Terkadang ada orang yang ketika awal hijrahnya begitu bersemangat.  Dimana-mana selalu ngomong...