Rabu, 11 Maret 2020

BENTUK-BENTUK KEYAKINAN PENYEBAB KEMURTADAN


*Oleh : Abu Afra*
_t.me/AbuAfraOfficial_

Di dalam kitab *_Sulamut Taufik ila mahabbatillahi 'alat tahqiq_* yang dikarang oleh *Asy Syaikh Al Habib Abdullah bin Husein bin Thohir* disebutkan bahwa, setiap orang Islam itu wajib memelihara dan menjaga keislamannya.

Jangan sampai ada sesuatu yang dapat merusak atau membatalkan keislamannya. Karena jika itu terjadi maka menjadi murtad lah ia. 

Pada zaman ini banyak orang yang sembrono dalam berkata-kata.  Sehingga apa yang diucapkan terkadang tanpa sadar telah mengeluarkannya dari Islam.

Sementara yang bersangkutan kadang merasa tidak bersalah sama sekali.  Hal ini terjadi karena kebodohannya sendiri atau karena keteledoran dalam menjaga lisannya.

Dalam kitab tersebut dikatakan bahwa perbuatan murtad itu setidaknya terbagi menjadi tiga bagian.

1. Berupa keyakinan-keyakinan ( di hati).
2. Beruapa perbuatan anggota badan.
3. Berupa ucapan-ucapan.

Sementara itu masing-masing bagian tersebut memiliki cabang yang banyak pula perinciannya.

Diantara bentuk keyakinan yang bisa menyebabkan seseorang jatuh kepada kemurtadan adalah bimbang atau ragu kepada Allah, Rasulullah, Hari Kiamat, Surga, Neraka, pahala dan siksa.  Atau terhadap perkara ijma.

Beranggapan bahwa Allah memiliki sifat yang sebenarnya sifat itu mustahil dimiliki oleh Allah SWT secara ijma.  Misalnya berkeyakinan Allah itu berbentuk fisik seperti makhluk.

Menghalalkan yang haram atau sebaliknya. Mewajibkan yang tidak wajib.  Atau meniadakan ibadah yang sudah disyariatkan oleh agama Islam yang mulia.

Merencanakan kekufuran, mengingkari kerasulan salah satu diantara para rasul. Mengingkari satu huruf dari Al Qur'an atau menambahnya.

Mendustakan atau meremehkan para rasul.  Merendahkannya atau menganggap akan ada lagi Nabi setelah Nabi Muhammad SAW.

Demikianlah beberapa bentuk keyakinan yang bisa menjatuhkan seseorang pada kemurtadan.

_Semoga Allah melindungi kita dari segala bentuk keyakinan yang menyebabkan jatuhnya kita pada kemurtadan. Aamiin._

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERESTART ULANG KEHIDUPAN

* Oleh  : Abu Afra t.me/AbuAfraOfficial Terkadang ada orang yang ketika awal hijrahnya begitu bersemangat.  Dimana-mana selalu ngomong...